Monday, February 29, 2016

{DIY} Pembatas Binder + Jadwal Kuliah

Halo! Apa kabar? 
Hari ini tanggal 29 Februari. Artinya 4 tahun sekali hari ini datang. Jadi saya pengen ngeblog, biar ada post tgl 29 Februari disini wkwkw. Awalnya nggak tau harus ngeblog apa, karna belum ada cerita. Tapi kemudian inget buat nyiapin binder di semester 4. Bukan. Bukan binder baru sih cuma isinya aja diperbarui. 

Sekarang saya semester 4. Udah aktif kuliah lagi sejak 2 minggu yang lalu. Seperti biasa tugas mulai berdatangan dan belum dikerjakan. Hari ini saya libur, karna emang pas KRS-an kemarin, hari senin dibuat kosong atau libur yeeee. 

Balik lagi masalah binder. Jadi tiap semester baru saya selalu perbarui isinya. Catatan dari semester-semester lalu saya kumpulin dan dijadiin satu buku. Tiap semester baru saya selalu kasih jadwal kuliah di halaman kedua dan buat pembatas binder tiap mata kuliahnya. Kalo biasanya mungkin pembatas binder pake sticky note atau pembatas binder yang udah jadi, saya buat sendiri pake kertas lipat. Selain beda juga lebih pas ngaturnya. Kadang temen-temen nanyain 'ini' beli dimana. Jadi yang pengen bisa buat sendiri, post ini mungkin bisa membantu, Lagi gampang banget kok cuma gunting, tulis, tempel. Buat yang penasaran cara buatnya gimana, baca sampe habis ya :)

✎ Pembatas Binder
Yang dibutuhkan :
1. Kertas lipat
2. Gunting
3. Lem
4. Pen
5. Kertas binder

Semester 4 ini saya ada 7 mata kuliah, jadi saya pakai 7 kertas lipat dengan warna yang berbeda. Saya potong 2.5cm x 4.5cm kemudian saya lipat simetris


Setelah itu saya tulis tiap-tiap mata kuliahnya. Semester 4 ini mata kuliahnya lumayan agak susah, dan mulai agak beda dari pelajaran saya di SMK. Ada 7 matkul, masing masing Basis Data (BasDat), Desain Sistem Digital (DSD), Teknologi Rangkaian Terpadu (TRT), Komputasi Sinyal Digital (KSD), Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PKN) *harusnya PPKN ya, Elektorina Lanjut (E-Lan) dan Kewirausahaan (KWU)
Setelah ditulis, saya tempel di bagian atas kertas binder. Kenapa? karna dibagian samping sudah ada pembatas binder dari bindernya sendiri yang saya pake buat batasin yang lain.
Lem di bagian hitam dan baliknya jugaa
Yang nanti kalo udah selesai bakal jadi sperti ini :


 Jadwal Kuliah
Nah selanjutnya saya buat jadwal kuliah. Ini juga kebiasaan tiap semester, saya selalu buat jadwal kuliah. Bukan biasanya lagi tapi awal-awal kuliah gini memang sering lupa dan belum hafal setelah ini kelas apa dan dimana, jadi saya buat jadwal kuliah ky gini biar gampang liatnya dan bantu menghafal juga hehehe. Selain buat kyk gini juga jadwal kuliahnya saya buat wallpaper hp



Pembatas warna kuning buat jadwal kuliah dan kontak dosen
Orange buat catatan kuliah
Hijau buat catatan praktikum
Merah buat gambar-gambar iseng saya hehe
Biru buat kertas binder yang lucu-lucu. Kalo dulu kamu pernah main yang namanya 'tukeran isi binder' mungkin kita seumuran. Itu sisa-sisa punya saya dulu yang masih disimpen. lucu sih jadi gak pernah ditulisin sesuatu. disimpen aja

Saya suka sesuatu yang tersturktur, makanya saya buat kyk gini. Biar nggak berantakan, biar enak nulisnya, biar enak belajarnya (emang ngaruh?) kalo buat aku sih ngaruh wkwkwk.

Btw ini posting paling cepat yang pernah saya buat (mungkin). Mulai dari ambil foto + buat, nulis sampe di posting semua selesai hari ini. Ngerjainnya juga tadi habis magrib makanya saya bilang posting tercepat. Biasanya saya suka lama kalo ngeblog 2-3 hari (ini ngapain aja). Berhubung tanggalnya bagus, selesai posting buat hari ini yeay!

selamat mencoba!

<3 Ida Yusnilawati
Dream Big! xoxo

12 comments:

  1. Salam kenal, walau udah nggak kuliah tapi printilan lucu dan kreatif di binder saya selalu suka, semangat berkreasi neng ;)

    ReplyDelete
  2. bagus kak. aku juga buat kayagituu.. salam kenal

    ReplyDelete
  3. Lucu bangettttt mau nyoba ah :) makasih kak inspirasinya

    ReplyDelete
  4. kak mau tanya aku baru masuk kuliah nih, buat catatan kuliah itu enaknya gmn ya? di campur aja atau setiap materi di kasih tempat khusus ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, kalo menurutku per materi nggak perlu dikasih tempat khusus. Bisa langsung aja catat sama kasih keterangan misal "1","materi pertemuan pertama", "(judul babnya)". Yg penting catatan per-matakuliah disendirikan atau dikasih pembatas ky diatas. Biar gampang cari materi yg pengen dibaca ulang :) Semoga membantu, semangat kuliahnya :D

      Delete

your comment feed my blog <3