Wednesday, June 29, 2016

{DIY} How to Make : Notebook

Hai! masih bulan Juni dan ini posting ke-2 di bulan Juni. Setelah sekian lama ternyata sedih juga rasanya banyak post blog ini yang harus dimasukin draft. jadi dikit isi blognya :3

Sejak hari sabtu tgl 25 Juni kemarin saya udh libur semester. Libur panjang sampe masuk lagi tgl 5 September. Lama ya? Iyaa. Bahkan baru libur beberapa hari udah mulai gabut. Mood blogging saya bagus kalo lagi liburan, gak tau juga kenapa. Tiba-tiba pengen aja ngeblog apapun 

Ngomong-ngomong, kalian masih nulis cerita sehari hari di buku harian nggak? saya masih. Saya suka banget nulis. Apapun. Tentang hidup, belajar, perjalanan, cinta, apa aja. Mengabadikan memori lewat tulisan itu asik. Asik waktu kita baca lagi. Sama ky liat foto-foto jaman masih kecil 

Kali ini bikin tutorial handmade lagi. Dikarenakan bosan nunggu drama korea yg masih ongoing, saya gemas pengen buat sesuatu. Akhirnya saya buat notebook sederhana buat ditulis-tulis tentang perjalanan hidup, ceilah 
Ukuran : 15cm x 11cm 
Isi : 48 lembar

✎ Alat dan Bahan :
1. Cover buku (buku bekas lebih baik)
2. Kertas (disini saya pake kertas kotak-kotak dr buku matematika saya waktu smk, masih sisa banyak. Juga pake kertas HVS A4 yang dibagi dua atau bisa dibilang kertas A5)
3. Benang dan jarum
4. Gunting
5. Penggaris
6. Cutter
7. Lem
8. Drawing pen / pensil
9. Kertas kado
10. Lem tembak (kalo nggak ada tembaknya kita bisa pake lilin)

Untuk hiasan :
1. Kuas
2. Cat acrylic (cat air juga boleh)
3. Selotip warna warni
4. Majalah bekas (untuk font lucu lucu)

✎ Cara : 
Step step cara buat notebook ini lumayan panjang. Saya bagi jadi 5 bagian, biar lebih mudah. Yang Pertama kita buat isi dari notebook. Lembar lembar isi notebook ini gampang, saya pake kertas kotak-kotak bekas buku matematika saya yang masih ada sisa. Juga saya pake kertas HVS A4 yang saya bagi 2 masing masing jadi A5 yang nanti saya lipat jadi dua
kertas HVS A5. lalu lipat jadi 2
Biar keliatan lebih bagus, pinggiran kertas kotak-kotak dipotong biar yang kepake cuma kertas kotak-kotaknya aja. Juga disamakan tinggi kertas kotak-kotak dengan kertas hvs. Sebenernya bisa pake kertas hvs aja kalo nggak mau ribet wkwk. 
potong di bagian garis putus-putus
buat menyamakan tinggi kertas. potong di bagian garis putus-putus
Nanti hasilnya bakal jadi ky foto dibawah. lebar, kertas kotak-kotak sama kertas hvsnya nggak sama karena pinggiran kertas kotak yang dipotong tadi.
hasil kertas yang sudah di potong
Bagian kedua yaitu jahit isi notebook. Sebelumnya kita bagi dulu kertas yang bakal kita pake. Disini saya buat 50 lembar, masing-masing 3x5 (sebelum dilipat) lembar kertas hvs yang dilipat jadi dua, kemudian 2x5 (sebelum dilipat) lembar kertas kotak-kotak dilipat jadi dua (seperti gambar diatas).

Untuk jahitnya, kita buat per 5 lembar kertas supaya nggak terlalu tebal waktu jahitnya. 5 lembar kertas tadi dilipat jadi 2. Untuk mempermudah menjahitnya bisa diberi tanda pada bagian tengah kertas
beri tanda pada bagian tengah kertas untuk dijahit
pola menjahit sama seperti menjahit baju

maaf nggak rapi
setelah semua isi buku sudah dijait

Ketiga buat cover notebook. Kita pake cover buku bekas yang diukur dari panjang, lebar dan tebal isi notebook. 
Ukuran isi notebook : 11cm x 15cm sedang ukuran untuk cover : 22.5 x 15.5 cm. Ukuran covernya sengaja dilebihkan 0.5 cm karena tebal isi notebook sekitar 0.5cm

potong sesuai ukuran kemudian lem bagian depan cover
Setelah dipotong sesuai ukuran, lem bagian depan cover kemudian ditempelkan kertas kado. Dilebihkan juga 0.5 cm tiap sisi kertas kado biar lebih rapi.
Kemudian sisa 0.5cm kertas kado tadi dilem dan dilipat ke dalam
Biar lebih rapi lagi, kita tempel kertas hvs putih dibagian dalam cover. Ukuran kertas hvs ini lebih kecil 0.5cm
Setelah ditempel kita lipat di bagian bergaris merah muda. Gunanya untuk lem isi notebook
lipat pada bagian bergaris merah muda

Keempat lem isi notebook dengan cover. Setelah isi notebook dan cover selesai dibuat, sekarang lem keduanya. Awalnya mau saya jahit sih tapi nggak nemu pola jahitan yang nggak ribet. Ternyata malah ribet kemana-mana. Akhirnya pindah jadi pake lem tembak. Daaan di rumah juga lagi nggak ada alatnya, cuma lemnya aja hehe. jadi saya lelehin pake lilin. 
Lelehin lem tembak pake lilin ini sebenernya lebih ribet, karna bakal nggak rapi. tapi ya gimana lagi hahaha. Kalo punya alatnya bisa pake lem tembak ajaa. Tips buat lelebih lem tembak ini, lelehin di bagian api yang warna biru biar nggak item, karna kalo dilelehin di api yang warna kuning kemerahan nnti jadi item.
bener kan hasilnya nggak rapih
Karena diluar rencana yaitu pake lem tembak, hasilnya nggak rapi. Tapi bisa diakalin kok! dilem pake lembar pertama isi notebook diaplikasikan juga di halaman paling belakang. Hasilnya sedikit lebih rapi
Jjaaang! jadi!
belum ding. masih ada satu bagian lagi

yang terakhir hias cover notebook. Hiasan ini bebas sesuai selera. Mau polosan oke, mau di cat boleh, mau di doodle boleh. Disini saya hias pake cat acrylic, tulis sedikit terus tempel deh hehe. Selotipnya nggak kepake di tutorial kali ini. Saya pake majalah bekas, buat cari font-font lucu. 



isi notebook
Jjaaaang! udah jadi beneran!

Capek hahaha. Mulai dari habis subuh ngedit terus ngeblog, baru selesai sekarang. Jari-jari ini rasanya. Ngomong-ngomong post ini cepet jadinya. Mulai dari kemarin bikin tutorial, foto-fotoin sampe sekarang udah di post. Biasanya lama banget sampe 5 harian. Bahkan kalo kelamaan akhirnya nggak jadi dipost, kebangetan malesnya. Gak tau ngapain aja wk. Jadi intinya post ini bikinnya cepet drpada yg post tutorial yg lain-lain. 

Maaf buat step-step yang kurang jelas. In Shaa Allah, kapan-kapan mau curhat masalah dibalik bikin tutorial handmade ky apa. See you on the next post! Selamat menjalankan ibadah puasaaa 

<3 Ida Yusnilawati
Dream Big! xoxo

3 comments:

your comment feed my blog <3