Monday, August 29, 2016

{DIY} How to Make : Calendar Planner

Hai haiii nggak kerasa libur 2 bulan ini mau habis. Beberapa hari yang lalu saya udah selesai krs-an dan hari Senin besok (05 September 2016) saya udah mulai aktif kuliah semester 5. Yahh cepet sekali liburan ini.....

Tiap semester baru saya selalu bersihin isi binder. Catatan semster kemarin dikumpulin dan diganti sama kertas baru. Bakalan dibuat juga Pembatas Binder dan Jadwal Kuliah buat semester 5. Kemarin siang tiba-tiba saya pengen buat sesuatu. Karena jadwal kuliah saya belum ada jadwal praktikumnya jadi saya belum mau bikin jadwal kuliah. Jadi kali ini saya buat DIY Calendar Planner yang bakalan saya taro di binder kuliah. 

Jadi isi binder saya selain jadwal kuliah, catatan kuliah, hasil doodle/gambar nganggur saya bakalan ditambahin satu lagi yaitu Calendar Planner. Fungsinya buat planner setiap bulannya. Saya suka coret-coret tuh, pas nih kalender yang saya bikin bisa dicoret-coret di setiap tanggalnya. Bikinnya juga nggak susah. Saya pake kertas binder polosan yang digarisin dan ditempel-tempel gambar lucu-lucu hehehe

Alat dan Bahan :
1. Kertas binder polos
2. Gunting
3. Lem
4. Penggaris
5. Spidol, pensil warna, drawing pen
6. Kertas lipat, note
7. Majalah bekas/stiker
8. Washi tape

Cara membuat :
Saya buat landscape suapaya lebih lebar. Jadi awalnya kita buat titik-titik untuk garis-garis tabel yang akan dibuat pake pensil. Untuk ukurannya bisa dilihat di gambar. Setelah dibuat titik-titiknya kemudian ditarik garis menggunakan drawing pen/spidol.


Setelah tabel kalender udah jadi, kita kasih nama harinya dan juga tanggalnya. 


Nah tabel kalender, nama hari dan juga tanggalnya sudah siap. Sekarang waktunya menghias! Bahan-bahan yg saya pake dari majalah bekas, kertas lipat, note dan wahsi tape. Bisa juga pake stiker.
Jadi untuk note saya potong sekian cm lalu ditempel. Kemudian saya cari font dan gambar lucu-lucu dari majalah bekas. Saya guntingin kemudian ditempel-tempel lagi. Sebenarnya banyak sekali nemu gambar/font dari berbagai sumber, bahkan dari kertas undangan bekas-pun bisa hahaha. Setelah ditempel-tempel terus saya coretin dikit-dikit biar rame.


potong di bagian garis putus-putus
Kemudian lakukan hal yang sama ke semua bulan. 






Untuk kalender tahun ini saya cuma buat 4 bulan aja, dimulai dari bulan September. Setelah ini bakalan dibuat sendiri 12 bulan untuk tahun 2017. Dan Calender Planner ini siap nemenin semester 5 saya nanti :)

Seneng sekali liburan kali ini bisa main sama temen-temen, mood bikin diy things juga baik, blog jadi makin sering diisi. Semoga semester 5 baik-baik dan lancar yah aamiin. Udah segitu dulu. selamat mencoba! :D

See you on the next post!
<3 Ida Yusnilawati
Dream Big! xoxo

6 comments:

your comment feed my blog <3